Mengapa sebaiknya website tidak menggunakan SSL gratisan?

Main Posts Background Image

Main Posts Background Image

1 Desember 2022

Mengapa sebaiknya website tidak menggunakan SSL gratisan?

Ini berkaitan dengan keamanan website mu, dan level tingkat kepercayaan dunia digital.

Mengapa sebaiknya website tidak menggunakan SSL gratisan?


Kamu harus tahu dulu mengenai perbedaan SSL Gratis dan SSL Berbayar. Emang ada bedanya ya? Emang ada pengaruhnya untuk bisnis? Jelas ada dong!

Daripada penasaran, yuk simak informasi berikut:

  1. Jenis Sertifikat
    SSL gratis hanya menyediakan satu tipe sertifikat, yaitu Domain Validated (DV). Sedangkan SSL Premium tersedia 3 pilihan tipe sertifikat, yaitu Domain Validated (DV), Organization Validated (OV) dan Extended Validation (EV), dengan tingkat validitas dan kepercayaan yang lebih tinggi.
  2. Jenis Website
    SSL Gratis sudah cukup untuk website testing, website personal, atau website usaha yang baru dirintis. SSL Premium direkomendasikan untuk semua jenis website, terutama website bisnis yang mulai berkembang, organisasi, perbankan, dan e-commerce.
  3. Kekuatan Enkripsi (Encryption Strength)
    SSL gratis hanya memberikan enkripsi dasar dan belum diketahui secara pasti standar enkripsi yang digunakan. SSL Premium menggunakan enkripsi terbaik 256-bit (SHA2 & ECC), sehingga bisa dipastikan keamanan data akan lebih terjamin.
  4. Tingkat Kepercayaan (Trust Level)
    SSL Gratis membuat traffic website Anda aman, namun belum bisa dikatakan “terpercaya”. SSL Premium, selain mengamankan juga meningkatkan trust dan reputasi website Anda.
  5. Masa Berlaku Sertifikat (Validity Period)
    SSL gratis hanya berlaku 90 hari, Anda perlu renewal setiap 90 hari sekali. Jika sampai lupa/gagal renew, siap-siap website Anda terkena warning “Not Secure”. SSL Premium aktif dengan periode tahunan, sehingga Anda tak perlu sering repot melakukan renewal.
  6. Kompatibilitas Browser
    SSL Gratis tidak support di semua browser, terutama browser versi jadul dan browser yang kurang populer. SSL Premium support di semua browser dan perangkat mobile.
  7. Kompatibilitas Server
    SSL gratis hanya bisa digunakan pada satu server saja (domain perlu terhubung dengan hosting penyedia SSL gratisnya). SSL Premium bisa digunakan di banyak server, ketika hosting Anda berpindah, sertifikat SSL dapat diinstall pada hosting yang baru.
  8. Dukungan Teknis
    SSL Gratis tidak menyediakan support teknis, Anda harus bergerilya di forum komunitas untuk mencari solusi jika menemui kendala. SSL Premium memberikan dukungan teknis 24/7, Orang Rumah siap bantu kapan saja melalui chat, email, atau telepon.

Meskipun keduanya memiliki fungsi yang sama, namun ternyata memiliki banyak sekali perbedaan.

Mengapa sebaiknya website tidak menggunakan SSL gratisan?


Kami rekomendasikan beli SSL di:


IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Silakan ajukan pertanyaan, kritik, maupun saran.

Cari artikel

Error 404

The page you were looking for, could not be found. You may have typed the address incorrectly or you may have used an outdated link.

Go to Homepage